Franz Magnis-Suseno, S.J : Keselarasan sebagai etika Jawa

Franz Magnis-Suseno, S.J /get image/salihara.org

 

 

 

 

 

Etika Jawa dapat disebut etika keselarasan karena keselarasan dengan masyarakat, alam dan alam gaib bernilai sangat tinggi di dalamnya. “Tanda keselarasan adalah tidak adanya konflik terbuka/kerukunan (di luar) dan tidak adanya keresahan/perasaan tenteram (di hati).” Jelas Franz Magnis-Suseno, S.J atau yang akrap di sapa Romo Magnis.

Romo yang juga Guru Besar STF (Sekolah Tinggi Filsafat) Driyakara itu juga menjelaskan keselarasan itu bisa tercapai dengan:menghindari konflik terbuka; menghormati semua warga masyarakat sesuai kedudukan sosial mereka (= mengakui struktur hierarkis masyarakat) dan juga menghindar dari emosi-emosi berlebihan.

Dalam paparannya yang di sampaikan di Salihara, 23 Februari 2013, 16:00 WIB dalam seri keempat Kuliah Umum Filsafat Etika dari Yunani Klasik hingga Jawa di Teater Salihara, Franz Magnis menyatakan etika Jawa bukan sebuah sistem eksplisit, melainkan sebuah pola kultural. “Tidak ada “orang Jawa” secara murni. Seperti orang-orang lain, orang Jawa mengembangkan sikap-sikap etis berhadapan dengan tantangan yang ada, banyak di antaranya sudah tidak bergerak dalam kerangka tradisi Jawa.”

Akan tetapi, sesuatu dari pola kultural itu dapat diperkirakan masih, secara mendalam, mempengaruhi perasaan dan sikap-sikap—terutama sikap-sikap spontan—mereka yang menjadi besar dalam kebudayaan Jawa.

“Etika Jawa bukan sesuatu yang unik. Unsur-unsurnya terdapat dalam banyak—kalau bukan semua budaya di dunia—tapi dengan pembobotan yang berbeda. Dapat di­andaikan bahwa banyak unsur “etika Jawa” juga dihayati oleh budaya-budaya Indone­sia, khususnya yang dekat dengan Jawa.” Jelas Romo Magnis yang juga penulis buku Etika Jawa: Sebuah Analisa Falsafi tentang Kebijaksanaan Hidup Jawa itu.  Selaras pak..[SC 01]

sampaikan opini/komentar anda?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s